VT Schlumberger?????

Haloo!!!

ini post pertama gw jadi maap kalo masih acak acakan yakk!!

Okee, kali ini gw bakal share tentang pengalaman gw ikut tes buat Vacation Trainee di sebuah perusahaan oil service, lebih dikenal dengan sebutan ranger biru! Yak, buat anak teknik harusnya tau lah yaaa!. programnya sih lumayan banget ya, itung itung bisa buat isi liburan bermanfaat yekaaan.

Jadi gini, waktu itu gw masih mahasiswa teknik mesin smester 6 dan orientasi gw waktu itu yaa kalo kerja harus di industri oil and gas (walaupun kondisi harga minyak waktu itu udah mulai turun kaya sekarang). Si perusahaan ranger biru ini buka kesempatan buat vacation trainee, semacam field introduction lah yang dikhususkan buat para mahasiswa dari beberapa Universitas di Indonesia. Konon sih katanya kalo lo join VT di ranger biru ini waktu lo mau apply kerja disana tinggal user interview, which is sangat menggiurkan yekaaan.

Oke, back to the topic. Here I want to share my recruitment experience at “Ranger Biru” di Universitas Gadjah Mada.

Tahapannya sih lumayan banyak, ada administration, communication test, aptitude test, FGD dan HR Interview and after you pass all of those phase you are eligible to join with “Ranger Biru” as their trainee.

1. Administration

Nah di tahap ini menurut gw ga begitu sulit ya karena basically lo cuma harus perbagus tampilan cv lo, tunjukin nilai jual lo lah yang penting. jangan lupa, ini perusahaan internasional, so make sure you build your CV in english and there’s no silly mistakes such as grammatical error or etc.

2. Communication Test

Nah, tahap ini juga ga begitu susah sih. nanti para recruiter bakalan duduk di depan dan nanti kalian bakal disuruh satu satu maju kedepan. Kalian maju kedepannya ga berdasarkan nomor urut, jadi ya se siapnya aja bre!. Disini yang bakal diuji nanti didepan kalian bakal disuruh milih kertas secara random yang ketika dibuka berisi gambar activity, stuff, device, animals, plant or even a food, it could be anything!!. Nah!! disini kalian harus ngejelasin gambar itu, it could be base on your experience with that stuff. contoh nih: gw waktu itu dapet gambar burger, dan gw langsung jelasin aja gw suka burger, burger favorite gw, harga burger di jogja gitu gitu lah. dan yang penting lo harus komunikatif, jangan terbata bata bre! PD aje udeh!!

Once again, It’s an International Company, so the test would be in English, including this session!

3.  Aptitude Test

Nah ini sih basicnya kaya tes potensi akademik sih, cuma ada sedikit basic different between this aptitude test with other aptitude test. Di tes ini, kalian disuruh ngerjain soal soal matematika, fisika dasar lah. buat anak mesin ugm gampang lah ini mah, cere lah haha ga ada apa apanya sama kuliah statika, matematika, fisika listrik hahaha. di tahap ini juga bakalan full English, so be prepared guys!

4.  FGD

Oye, FGD (Focuss Group Discussion). wahaha kalo diceritain lucu sih ini. Jadi FGD di VT Recruitment Schlumberger itu agak beda dan so far it’s the most unique FGD that I’ve ever participated. Jadi di FGD nanti kalian bakal dikasi kasus dan harus ngasih solusi (oke disini masih sama kaya FGD yang lain), Eitssss bukan cuma solusi bre yang lo harus buat, tapi benda nyata!!!! we’re an engineer, we are motivated by visible result, not just a mere solution!!. Jadi disini gw waktu itu disuruh bikin RIG, yes a RIG, an offshore structure that support oil and gas industry. Gw waktu itu dikasi bahan kertas HVS, solasi, sedotan sama gunting. Nah casenya gini: we need to build from the stuff that was given by company, not just a rig, but a rig that can withstand two batteries (gw lupa jenisnya, tapi batre gede yang buat senter gitu). Nah balik lagi, this is an international company, we are prohibited speak any other languages other than English during FGD Session. kunci dari FGD ini sih menurut gw lo harus pinter pinter memposisikan diri lo dalam kelompok. Lo ga boleh terlalu dominan, ga boleh terlalu diem, pemikiran lo harus solutif dan beda, and the most important is you have to show your ability to persuade people to agree with your idea. Waktu itu gw pesimis abis njir haha, rig gw satu satunya yang gabisa diri dan belom dikasih batere aje udah goler goler di lante wkwk kampret emang. Recruiternya waktu itu Ms. Stephanie, doi di wireline SLB kalo ga salah sih. dan doi cek satu satu ke tempat para peserta fgd buat ngecek hasil rignya, ditanyain alesan alesannya haha, honestly it’s such a shame for me as a mechanical engineer but failed to built such a simple structure hahaha. dah disini gw udeh pesimis abis, hopeless deh haaha.

Sorenya gw liat pengumuman ternyata gw lolos ke HR!!! wow, miracle sure does exist, and moreover it’s only 5 people that pass FGD session and made to Interview session!!

5.  HR Interview

HR interview ini diadain di UC UGM, dan interviewernya masih Ms. Stephanie. That was my very first interview experience. I did not prepared really well for that interview hahaha. Pertanyaannya sih basic yah, IPK, Organisasi, Achievement, what makes you want to join VT SLB, personality banget deh. Salah gw waktu itu sih waktu ditanya planning 5 years ahead, gw diem dan gabisa jawab ahahaha. akhirnya gw ngasal aja mau join di wireline dan doi nanya lagi kenapa mau masuk wireline, mampus gw haha. dan setelah agak nyingcet jawaban akhir nya sampe di sesi akhir interview, dia nanya ke gw ada yang mau ditanya ga. and here’s another mistake that I made that day, I ask “Why did SLB still hiring new engineer and even trained them at SLB HQ, because I heard that many SLB employees resign from SLB right after they got their training certificate?” . wkwk honestly, it’s such a silly question and I regret it right after I spilled it haha. Yaaaaaa bisa ditebak lah langsung, gw dilihat sebagai calon kutu loncat hahaha andddddd yessss.

soooo it’s already like I predicted, at the end of the day, I failed at this VT recruitment hahaha, but it’s such a priceless experience.

Oiyaaaa, test ini diadain all-day long, except interview session, that means, aptitude-FGD was held from morning till evening.

Good Luck buat yang mau tes VT yak, semoga bermanfaat!!!


3 respons untuk ‘VT Schlumberger?????

Tinggalkan komentar