TOSHIBA GLOBAL RECRUITMENT!!!!

okeeee sekarang gw bakal share pengalaman gw ikut tes buat toshiba global recruitment ini.

Jadi Toshiba global recruitment ini adalah program toshiba buat nge-hire graduate engineer dari seluruh dunia! global coyyyyyyyy. Bagi applicant yang lolos seleksi ini bisa langsung gabung di Toshiba JEPANG, JEPANG TJOYYYY jadi expatriate gitu, keren kan!. Untuk salary mereka offer 200.000 an yen lah per bulan, nanti dapet tunjangan rumah bla bla bla deh pokoknya ahoy bet kalo bisa join lewat program ini.

Okee, back to the topic, jadi waktu itu recruitment diadain sekitar akhir taun 2015, dan di UGM di KPFT kebetulan diadain semacam introduction ’bout this program gitu bre.

oiya mereka juga ga ngeharusin kita buat udah punya JLPT (semacam toeflnya jepang) kok, karena nantinya kita bakal belajar jepang juga disana 6 bulanan gitu deh, jadi buat yang gabisa bahasa jepang, gausah panik bre but it’s an additional value if you’ve already proficient with japan language. oiya jadi buat toshiba global recruitment desember 2015 lalu dibuka buat engineering division sih, such as sales engineer, power plant engineer, social infrastructure engineer gitu gitu bre.

Jadi gw waktu itu masih mahasiswa semester 7, sering dibilang sok sokan cari kerja tapi boam lah hahaha iseng sih cari pengalaman aja hahaha. oiya untuk tes ini tahapnya cuma 4 kok, ada administration, HR Interview Indonesia, User Interview Indonesia andddddd lastly User Interview BoD at JAPAN!. oke gw bakal jelasin per phase yak based on my experience hehe

1 . Administration

Jadi di tahap administration ini kalian bakal diharusin untuk daftar di web nya toshiba jepang. selo bre, bahasanya inggris kok haha. disitu kalian bakal ngisi data diri lengkap deh. oiya kalian boleh milih maksimum dua department yang bakal kalian apply di global recruitment ini. Di tahap ini kalian bakal ngisi essay gitu, alesan kalian mau join toshiba, alesan kalian apply posisi kalian gitu. saran gw sih di essay ini lo ngejilat aje tapi jangan banget ngejilatnya haha jijik ntar dibacanya juga, normal tapi ngena aja haha. cuma itu sih isinya tahap ini, berdoa aja banyak banyak kalo abis submit hehe.

. HR Interview

nah!! alhamdulillah gw lolos waktu itu di tahap administration. Gw diundang buat HR Interview di UC UGM, di ruang yang sama ketika gw gagal interview VT SLB hahahaha. okeee akhirnya gw dateng buat interview, dan disana gw kenalan sama beberapa applicant yang bareng bareng interview aaaaaaandddd most of them udah lulus haha ada yang 2010 sama 2011. pakaian gw waktu itu nggak banget deh jangan dicontoh yak, gw waktu itu sepatu conversean, celana bahan item, kemeja kotak kotak digulung tangan. aaaaand saingan gw waktu itu besides they’ve graduated, they also dress properly gitu sementara gw dress poorly haha. akhirnya gw masuk itu ruangan deh. reaksi gw pertama: SHOCK, kenapa shock???? ternyata HR nya 2 orang dan ada satu HR Executive Toshiba HQ langsung, orang jepang dan perempuan haha. That was my very first interview experience with foreigner haha. Interviewnya biasa sih mostly personal gitu sama organization experience, IPK, Vision 5 years ahead. oiyaaa berhubung gw apply buat power plant sama social infrastructure division, gw disuruh milih salah satu akhirnya. disitu gw milih power plant dan doi nanya, apa rencana kamu ketika kamu jadi project leader di power plant division, gw jawab aja bikin pembangkit geothermal haha asal sih, tapi saran gw kalo mau ngasal harus siap provide data data gitu biar ga kelabakan pas di counter ama doi. and karena basicnya perusahaan jepang yak, jepang kan terkenal tuh taat sama namanya sistem dan harus sistematis, gw nyoba nyocok nyocokin kepribadian gw aja sama perusahaan, bukannya gw boong tentang personality gw sih, cuma kan ibaratnya mereka mau ngehire orang yang sevisi sama mereka kan? so jadilah kaya mereka!.

saran gw di HR Interview ini lo harus bisa jual diri lo, sombong dikit gapapa lah haha asal jangan kebablasan 

3. User Interview Indonesia

okeeee, miracle sure does exist again, I passed earlier phase even tho my competitor was older, more experience and moreover they’ve graduated and me?? I am still enlisted as last semester student till I write this article hehe. Mostly applicant yang gw temuin di tahap ini adalah anak ITB sama UGM aja. Mereka semua (selain gw) udah lulus dan ada bahkan yang experienced dan doi senior gw, doi anak T. Mesin UGM 2010 hahaaha minder abis gw disini. ini pengalaman pertama gw lolos sampe user sih (Toshiba ini tes kedua yang gw ikutin setelah VT SLB). dari info yang gw cari cari kebanyakan bilang bahwa pertanyaan di tahap user ini bakal bersifat teknis, DOR!!!! gw pilih power plant, dan buat anak teknik mesin pasti tau yee power plant kan mostly turbine and its supporting components kan. gw daftar power plant engineer tapi gw belom ambil mata kuliah turbin wkwk. disini gw bingung, alhasil H-2 gw balik ke Jakarta, gw sibuk nyari materi turbin, belajar juga haha.

dan hari H akhirnya tiba, gw Interview di Jakarta di Toshiba HQ yang di Sudirman. User gw waktu itu orang jepang 2 orang, dan you know, orang jepang bahasa inggrisnya kaya gimana kan?? I’ve had difficult situations to communicate with them that time. Okeee langsung ke yang ditanyain aja yak. pertanyaan pertama, “WHAT KIND OF TURBINE DID YOU LIKE” jujur, pertanyaan ini out of expectation abis sih. ditanya gitu gw jawab aja turbin uap pak dan disitu gw ngomong teknis yang baru gw pelajarin malem sebelum interview haha. dan ternyata di tahap ini user juga ga begitu nanya ke teknis banget kok, at least you know the mechanism aja cukup kok. dan ga terasa setengah jam berlalu hehe.

waktu gw keluar ruangan dan mau cabs pulang, gw dipanggil dan ternyata gw disuruh interview social infrastructure, mampus!!! gw ga siapin apa apa breee. dan tanpa persiapan gw masuk ke ruangan yang udah ditunggu sama 2 orang User lagi. langsung aja yeeee, disini doi langsung nembak nanya ke gw “DID YOU KNOW ABOUT AIRPLANE SYSTEM AND HOW IT WORKS??” wah agak seneng gw haahaha, karena sebelomnya gw pernah belajar aerodinamika sama propulsi gitu jadi yaaa nyangkut dikit lah haha. disitu gw jawab aja gw tau terus gw jelasin tentang airplane, airfoil, flow di sayap gitu gitu haha sampe masuk ke segitiga kecepatan juga waktu itu haha. doi kayanya tertarik gitu akhirnya nanya, “when would you graduate, hasan-san?” gw bingung tuh disitu, jujur waktu itu tugas akhir aja belom gw garap hahaa jadi gw jawab aja, “at the end of august, sir” tapi salah gw sih, gw jawabnya waktu itu ga yakin gitu sampe dia nanya beberapa kali, “are you sure?” hahaha. akhirnya dia ngomong, “we need social infrastructure engineer really soon” disitu gw hopeless hehe. bagi gw itu kaya dia ngomong nolak gw tapi secara halus.

and gw udah ga berharap banyak sih haha, mungkin emang disuruh fokus dulu ngerjain TA sama Yang Maha Berencana hehe. at the end of the day I did not pass this phase, but I’ve got priceless experience such as being interviewed by foreigners hehe.

saran gw buat yang mau interview user sih, pelajarin divisi yang lo mau daftar, gimana divisi itu beroperasi gitu gitu, ga perlu sampe mendalam cukup general aja udah cukup kok

4. User Interview Japan

okeee berhubung gw failed hehe, di tahap ini kalo kata Ms. Koti sih bakalan sama kaya user di indo, cuma bedanya nanti banyak orangnya, semacam presentasi gitu. didepan board of director soalnya haha.

dan begitulah kisah gw yang harus fail lagi, gapapa lah kata orang abisin jatah gagal hehe.

oiya buat yang mau apply kalo kalo udah buka, mending pantengin nih link

https://job.axol.jp/16/s/toshiba_global/mypage/top

Semoga bermanfaat yakkkk!


Tinggalkan komentar