Recruitment: Management Trainee United Tractors (UT)

Hello, well it’s been a long time since my last post here. Pardon me because I’ve had several occasion back then. Keeeey, this time I will share my experience doing recruitment process in United Tractors (UT), it’s a big player in heavy equipment business. So, jadi waktu itu gw ikut recruitment ya modal iseng aja daripada gabut dikosan nungguin skripsi yang ga kunjung kelar hahaha. okey skip skip, jadi waktu itu UT ngadain bukaan lewat web karir kampus gw tercinta ecc.ft.ugm.ac.id . nah entah waktu itu error atau gimana, user ID gw yang mana masih berstatus mahasiswa bisa daftar dan ikut seleksi rekrutmen UT. nah waktu itu UT buka kesempatan berkarir disana buat posisi Management Trainee, waktu itu ada beberapa pilihan ada administration head, service head dpt, and many more. So, berhubung gw mechanical engineer gagal jadilah gw daftar di posisi MT-SDH (Service Dept Head).

Okay, let’s move to the process.

Phase 1 – Administration

Key, disini administration tes gw ga bisa detai yak, karena gw daftar lewat ECC UGM jadi don’t know what’s the real criteria for this selection phase.

Phase 2 – Aptitude Test

Nah disini gw ikut tes tulis waktu itu venuenya di Atmajaya Jogja. Tesnya waktu itu cuma kaya tpa tpa biasa sih, standard gampang gampang gitu. Waktu itu seinget gw ada TPA, Pauli sama kepribadian gitu. Sooo, for you guys who want or planning to apply to Astra Group, prepare your self for doing that fcking Pauli test, which is till this very moment I write this, I didn’t know what’s the real meaning or purposes doing Pauli. So, skip skip, jadilah gw ngerjain soal disini dan long story short, Gw melaju ke babak berikutnya which is Interview HR.

Phase 3 – HR Interview

HR Interview waktu itu bertempat di Hotel apa ya di jogja lupa gw namanya wkwk. Nah waktu itu yang lolos HR beberapa orang gitu, gatau angka pastinya soalnya waktunya beda beda. Waktu itu gw interview sama Hrnya UT, ibu ibu gitu siapa namanya gw lupa wkwk. Pas interview itu santai abis, pokoknya personality banget lah ga ada teknisnya sama sekali, doi kayanya pengen liat gimana lu handle masa masa sulit lu, gimana lu kerja sama sama timlu, gimana nanganin orang gitu gitu sihh. Aaand, gw lolos phase ini juga dan lanjut ke User Interview.

Phase 4 – User Interview

Nah disini gw user interview di Jakarta, oiya karena waktu itu base gw di jogja gw dikasi kompensassi 300 rb wkwk. And here the interview goes, waktu itu gw di interview sama dua orang, director apa ya gw lupa sama his sub-ordinatenya gitu. Nah disini awalnya gw introduction with english tapi lama kelamaan doi ke indonesia jadilah campursari. Nah, menurut gw disini sih tahapan paling menegangkan haha. Gw seumur umur interview baru kali itu ngerasain dibentak dan pace interviewnya itu cepet dan keras. Again, gw ditanya ngapain aja pas kuliah, bisa lulus kapan dan sampai ada case study gitu. Jadi, kalo pas user yang gw tangkep adalah mereka nyari orang yang adaptive sama lapangan, bisa lead a team karena mereka bakal naroh kita langsung punya bawahan. Oiya disini yang ikut user pas batch gw itu 4 orang: Gw, Pras (Mesin UGM 2010), Andhika (Mesin UI 2012) sama satu lagi gw lupa wkwkwk. Okaaay, interviewnya sekitar 30 menitan dan ga kerasa juga wkwk. Aaaand again, I passed this phase and move to the next phase

Phase 5 – Interview with Director of Human Capital

Wk, nama tesnya ngeri ye… tapi begitulah adanya. Jadi di phase ini gw interview sama Director of Human Capitalnya UT. Oiya, yang lolos ke phase ini gw, pras, sama andhika. Nah, interviewnya masih seputaran gw ngapain aja selama kuliah gitu gitu. Berhubung gw juniornya si Pras di Tim Mobil, jadilah doi nanya nanya tim gw, dimana posisi gw di organisasi, how to lead a team and he even ask about how Pras doing when he lead the team as a team leader. And the interview was going so well without knowing that 45 minutes has already passed. And again, I passed this phase hahaha, well this time luck seems to be on my side.

Phase 6 – Interview with President Director

Interview dengan Presdir a.k.a Dirut UT kali ini sangat berkesan ye buat gw karena could you imagine that the most important person in that company allocate his time just to interview a moron person like me. Di interview ini gw sangat kaget ketika gw ketemu sama presdirnya UT, pak Gideon Hasan. Doi masih muda banget, early-middle 40 gitu menurut gw. Waktu itu kesannya udah bukan kaya wawancara lagi, more like sharing session with him. Disana gw dikasi pandangan gimana caranya mikir dengan pola pikir bisnis, gimana ngembangin bisnis and so on. Jadilah 30 menit waktu itu sangat ga berasa buat gw. Aaand, gw disuruh nunggu hasil wawancara di luar ruangan

Final:

Setelah gw nunggu bareng Pras sama Dika, kita nerima hasilnya. Ga melalui email dan telfon tapi cuma lewat secarik kertas bertulis “Offering Letter” . it’s kinda amazing you know, a person like me, a failed mechanical engineer who even hasn’t graduated could be accepted at this company, moreover helding a position as a Management Trainee. Dan disitu gw baru tau, yang lolos dari batch jogja itu gw doang wkwk.

After a lot of consideration aseeeeeek, gw dengan berat hari turn down the offer with my personal consideration, but I can assure you one thing for certain: it’s not because of the salary itself, the salary is reaaaaaally great if you calculate the site bonus lol. It’s more like a personal matters hahaha.

Aaaaand in the end of the day, Gw balik ke jogja dan lanjutin skripsi yang belum kelar kelar itu.

Hoping that it could give you any thought if you want or planning to join with this company. See you in my next post, because this is not the only post that I’ve turned down the offer hahaha lol.

 

 


Tinggalkan komentar